daftar kuliah di UBAYA

Referensi Jalur Masuk Universitas Surabaya

UBAYA singkatan dari Universitas Surabaya, adalah salah satu dari banyaknya universitas swasta terbaik yang berlokasi di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Tahukah kamu? UBAYA telah beroperasi sejak tahun 1966 dengan nama Universitas Trisakti Surabaya. Barulah pada tahun 1968, perguruan tinggi ini berganti nama dan dikenal sebagai Universitas Surabaya hingga kini.

Sebagai referensi awal, pilihan jenjang studi dan program studi yang diselenggarakan di UBAYA dapat dikatakan cukup lengkap. Kamu bisa memilih jenjang Diploma (D3) untuk prodi, antara lain, Poltek Administrasi Bisnis, Poltek Manajemen Pemasaran, Poltek Akuntansi, dan Poltek Sekretari. Untuk jenjang Sarjana (S1), kamu bisa memilih prodi dari sejumlah fakultas yang ada, yaitu Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknik, serta Fakultas Industri Kreatif. Terakhir, untuk jenjang Magister (S2), terdapat berbagai prodi dari fakultas-fakultas, meliputi Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Psikologi.

Jalur Masuk Pendaftaran Universitas Surabaya

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang jalur masuk yang tersedia bagi kamu yang ingin daftar kuliah di UBAYA. Perlu diketahui, UBAYA adalah salah satu universitas swasta yang masih membuka program pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021. Simak uraian untuk lebih paham:

1. Pendaftaran Jalur Tanpa Tes

Pilihan jalur masuk pertama adalah JPMK, yaitu Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan. Ini adalah sebuah jalur masuk mahasiswa baru UBAYA yang tidak mendasarkan seleksinya pada tes tertulis, tetapi pada nilai rapor dan prestasi akademik lainnya. Dengan catatan, pendaftar untuk jalur ini adalah siswa atau lulusan dari SMA/Sederajat yang telah bermitra dengan UBAYA. Prosedur pendaftaran melalui jalur ini dimulai dari pengisian formulir secara online di laman resmi UBAYA, membayarkan biaya pendaftaran dan melakukan konfirmasi sesuai ketentuan, serta mengirimkan fotokopi yang dilegalisir nilai rapor SMA.

2. Pendaftaran Jalur Umum

Selanjutnya, terdapat jalur masuk kedua yaitu Jalur Umum, atau yang dikenal juga dengan istilah Jalur Tes. Pada jalur masuk ini, UBAYA menerapkan seleksi berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan tes tertulis sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswa bisa diterima. Seperti yang kamu mungkin sudah ketahui, TPA ini adalah sebuah tes yang bertujuan menguji kemampuan seseorang dalam menyelesaikan persoalan dengan kemampuan logis, dan bukan dengan bidang keilmuan tertentu.

Prosedur yang perlu dilakukan untuk mengikuti jalur masuk ini sama seperti prosedur jalur sebelumnya.

Tata Cara Pendaftaran Online Universitas Surabaya

Setelah mengetahui jalur masuk untuk pendaftaran mahasiswa universitas terbaru di Universitas Surabaya, berikut adalah tata cara singkat yang bisa kamu ikuti untuk menyelesaikan prosesi pendaftaran online terkait:

  • Buka laman resmi UBAYA
  • Lihat tombol Daftar Online yang terdapat pada laman utama, atau cari opsi Daftar pada menu dropdown yang terdapat pada laman utama sesuai dengan jalur masuk yang kamu kehendaki
  • Isi dan lengkapi data yang diperlukan, terdiri atas identitas pribadi, data pendaftaran, pilihan pembayaran dan sumbangan, data pembayaran, serta kelengkapan informasi keamanan
  • Klik tombol Kirimkan Data Pendaftaran setelah mengisi data

Tunggu email konfirmasi dari sistem, kemudian ikuti tahapan selanjutnya untuk menyelesaikan prosedur pendaftaran

Penutup

Itu tadi penjelasan tentang jalur masuk, serta tata cara pendaftaran Universitas Surabaya. Untuk memperoleh informasi dan kabar lainnya seputar dunia perkuliahan, manfaatkan layanan dari aplikasi goKampus! Aplikasi ini akan memberikan akses praktis sekaligus akurat agar dari berbagai perguruan tinggi nasional beserta beragam layanan terintegrasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *