harga PABX

Pentingnya Membangun Jaringan Komunikasi PABX Bagi Perusahaan

               Banyak sekali upaya yang ditempuh oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas para pekerjanya. Salah satu cara yang efektif untuk mewujudkannya adalah membangun jaringan komunikasi PABX atau Private Automatic Branch Exchange. Ya, jaringan komunikasi yang mengandalkan sambungan kabel yang terhubung pada PABX selaku switchboard tersebut sangatlah cocok digunakan dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, switchboard dapat menghubungkan beberapa pesawat telepon pada suatu perusahaan sehingga dapat berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan biaya. Kondisi inilah yang menyebabkan harga PABX lebih terjangkau dari jaringan komunikasi lainnya. Selain itu, perusahaan tidak hanya bisa menggunakannya untuk jaringan telepon internal perusahaan saja, melainkan bisa digunakan untuk media komunikasi lainnya seperti mesin faximile dan modem.

harga PABX

                Jaringan Komunikasi PABX bekerja layaknya sebuah modem yang bertugas sebagai pusat kendali. Ketika ada sambungan telepon yang masuk ke dalam jaringan PABX maka akan dialihkan secara otomatis sesuai dengan tujuan penelepon. Pasalnya, dalam pusat kendali PABX telah memuat berbagai kode yang memuat setiap nomor telepon internal kantor maupun nomor telepon ekstensi. Bahkan, PABX telah dilengkapi dengan sistem DISA atau Direct Answer System Acces yang berfungsi sebagai operator otomatis sehingga setiap telpon yang masuk akan dijawab oleh sistem tersebut sebelum diarahkan menunju nomor telepenon ekstensi yang sudah dimasukkan ke dalam sistem. Selain itu, jaringan komunikasi PABX juga dapat digunakan untuk mengatur siapa saja pekerja perusahaan yang boleh menghubungi nomor telepon tertentu sekaligus menelusuri penggunaan telepon yang tidak sesuai dengan peraturan perusahaan.

                Berbagai fitur yang tersedia dalam jaringan komunikasi PABX sangat dibutuhkan untuk operasional sebuah perusahaan. Fitur call forward digunakan untuk meneruskan panggilan ke peralatan komunikasi lainnya seperti voice mail. Call transfer digunakan untuk meneruskan panggilan ke nomor ekstensi lainnya. Conference call digunakan untuk menghubungkan beberapa telepon secara bersamaan. Autimatic Call Delivery (ACD) digunakan untuk meneruskan panggilan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya. Voice messaging dapat digunakan untuk merekam pesan suara untuk nomor tujuan utama hingga beberapa nomor tujuan sekaligus. Call queue merupakan fitue yang berfungsi untuk menempatkan telepon yang masuk ke dalam urutan antrian ketika sedang sibuk. Sedangkan fitus Least Cost Routing (LCR) digunakan untuk menerima panggilan yang berasal dari telepon seluler.  

                Salah satu faktor yang mempengaruhi harga PABX adalah tipe. Ya, tiper berhubungan dengan kecanggihan teknologi yang digunakan dalam jaringan komunikasi PABX. Kamu bisa membuat urutan dari yang paling canggih yang pertama PABX analog, kemudian PABX digital, IP/VoIP PABX, serta yang terakhir ada PABX hybrud. Tipe PABX analog menjadi yang tertua karena sudah membantu jaringan komunikasi berbagai perusahaan dalam kurun wakru satu dekade terakhir. Bermodalkan kabel tembaga dan sistem POTS membuatnya mampu melakukan panggilan, menerima panggilan, dan transfr pangglan dengan suara yang cukup baik. Tipe PABX digital merupakan perkembangan dari tipe sebelumnya dengan menekankan pada berbagai fitur yang lengkap dan canggih seperti sambungan telepon berbasis komputer. Tipe IP/VoIP PABX merupakan jaringan komunikasi telpon yang sanggup memanggil, menerima panggilan, dan mengalihkan panggilan sesama pengguna jaringan maupun dari telepon biasa melalu internet protocol (IP) atau voice over internet protokol (VoIP). Sedangkan tipe PABX hybrid menjadi jaringan komunikasi telepon terbaru yang menggabungkan tipe analog dan digital sehingga mampu memberikan berbagai keunggulan seperti konektivitas dengan komputer maupun internet, koneksi antar telepon yang lebh hemat kabel, dan sudah terintegrasi dengan sistem Cloud Telephone Service (CTS). Besarnya manfaat yang diperoleh dari PABX hybrid menjadikannya sangat cocok digunakan untuk membangun jaringan komunikasi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *