Sudahkah Anda Tahu Apa Saja Jenis Pipa Air Yang Sering Digunakan Dan Kegunaannya?

Sudahkah Anda Tahu Apa Saja Jenis Pipa Air Yang Sering Digunakan Dan Kegunaannya?

Pipa air merupakan alat yang paling dibutuhkan terutama untuk kebutuhan air rumah tangga dan juga bangunan.  Ternyata pipa saluran air punya banyak jenis dengan fungsi yang berbeda-beda.

Untuk membuat komponen yang saluran air di rumah anda jadi lebih lancar dan nyaman maka harus diperhatikan penggunaan jenis pipa air yang tepat. Beda jenis pipa saluran airnya maka beda pula fungsinya. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis pipa saluran air  yang umumnya digunakan dan juga fungsinya masing-masing.

 

Pipa Air PVC

Untuk pipa air PVC tentu sangat familiar bagi orang-orang bahkan yang tidak mengerti dunia perpipaan. Pipa ini disebut PVC karena bahan materialnya terbuat dari polivinil klorida. Bahan pipa ini cukup ramah lingkungan karena tidak mengandung zat berbahaya, jadi dipastikan aman untuk saluran air bersih. Pipa PVC punya kelebihan yaitu mudah digunakan untuk proses instalasi dan harganya relatif murah.

 

Pipa Air CPVC

Untuk jenis pipa air satu ini punya keunggulan yaitu tahan terhadap panas. pipa ini punya ukuran yang tebal dan juga tahan terhadap perubahan suhu tinggi. Pipa CPVC bisa tahan terhadap suhu hingga 1800 derajat Celcius, cocok untuk saluran air panas maupun dingin. Pipa ini memiliki warna orange dan sangat bisa diandalkan untuk saluran air panas dan dingin dirumah Anda.

 

Pipa Air PVC-O

Pipa jenis ini dikembangkan dari bahan polivinil klorida yang proses produksinya melalui metode bi-axial. Metode yang dipilih ini membuat ikatan antara bahan baku menjadi kuat, sehingga produk yang dihasilkan lebih elastis, lebih tipis dan juga sangat efektif untuk menampung volume air. Pipa ini punya keunggulan yaitu tidak mudah retak dan lebih baik kualitasnya dibanding pipa PVC.  PVC-O umumnya digunakan untuk saluran air bersih,

saluran air hujan dan air limbah.

 

Pipa Air HDPE

Pipa ini merupakan pipa polietilena yang dibuat dari thermoplastic sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Pipa ini punya tekstur yang kuat namun lentur dan tidak mudah korosi. HDPE umumnya digunakan untuk saluran air bersih karena punya elastisitas yang tinggi. Untuk jangka waktu penggunaan HDPE bisa mencapai 50 tahun lamanya.

 

Pipa Air PP-R

Tipe jenis pipa ini dibuat dari material minyak bumi dengan karakter yang unik. kita ini umumnya memiliki warna hijau dengan ketahanan terhadap suhu tinggi dan juga rendah. PP-R juga banyak digunakan untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan. Pipa satu ini cukup tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, anti bocor dan juga anti karat. Sehingga sangat cocok dipakai untuk pipa air siap minum dan juga pipa irigasi.

 

Pipa Air PEX

Pipa PEX ini punya keunggulan yaitu tahan terhadap suhu ekstrim dengan instalasi pemasangan yang lebih sederhana dari pipa lainnya. Untuk PEX sendiri, pemasangannya cukup menggunakan cincin penghalang khusus agar bisa mengamankan sambungan.

 

Pipa Air Tembaga

Tipe pipa ini memang dibuat dari bahan tembaga. Untuk harganya tentu jauh lebih mahal karena materialnya dari tembaga jika dibanding dengan harga pipa dari material plastik. Pipa satu ini juga punya keunggulan yaitu anti korosi, lebih awet dan tahan lama, serta anti bakteri. Pipa tembaga umumnya digunakan untuk saluran air kulkas, saluran air AC dan juga air bersih.

 

Demikian beberapa jenis pipa air yang umumnya banyak digunakan untuk rumah tangga maupun industri. Bagi Anda yang sedang mencari pipa saluran air disarankan untuk memilih merk rucika karena sudah terbukti kualitas dan harganya terjangkau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *