kandungan daun kelor

Catat, Ini 8 Kandungan Daun Kelor dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Daun kelor merupakan satu dari sekian banyak tanaman herbal yang memiliki banyak kegunaan. Manfaat daun kelor ini bahkan sudah diakui oleh para ahli kesehatan dunia maka tak heran jika kini juga dijadikan suplemen. Kandungan yang kaya membuat daun kelor ini dapat digunakan untuk segala kebutuhan, lantas apa saja kandungan dalam kelor ini? Anda bisa temukan penjelasannya jika anda simak uraian di bawah ini dengan baik.

 

Analisa Manfaat Daun Kelor dari Kandungannya

 

  1. Zat besi

Menurut AKG atau angka kecukupan gizi, daun kelor memiliki kandungan zat besi sekitar 11%. Kandungan zat besi ini bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan darah sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena rentan terhadap anemia. Jumlah zat besi pada kelor ini bahkan lebih tinggi pada bayam.

 

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung dalam daun kelor ini sebanyak 19% sesuai AKG. Dimana sangat dibutuhkan ketika seseorang ingin ingatannya bagus dan juga otaknya bisa difungsikan maksimal apabila konsumsi daun kelor ini. Selain itu, daun kelor juga berperan untuk mengurangi resiko kerusakan saraf otak dan sumber awal terjadinya penyakit Alzheimer.

 

  1. Ditemukan kaya Vit C

Vit C yang ada pada kelor akan mampu membuat wajah anda Nampak sehat dan sebagai perawatan yang tepat. Kandungan vitamin C tersebut dapat mengurangi risiko infeksi mulut dan sariawan. Dan menariknya ia juga dapat dijadikan masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah.

 

  1. Vitamin A

Kemudian daun kelor juga mengandung vitamin A yang berasal dari beta karoten sebanyak 9% dari AKG. Manfaat vitamin A pada daun kelor ini baik untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A yang cukup tinggi dapat menjadi obat alternatif mengatasi minus mata.

 

  1. Kalium dan Potasium

Kandungan yang terdapat pada daun kelor berikutnya yaitu kalium dan potasium. Kedua kandungan tersebut berperan besar untuk kesehatan tubuh khususnya penderita tekanan darah. Kalium dalam daun kelor berperan untuk menjaga dan memelihara kesehatan tekanan darah sementara potasium berguna untuk mengurangi tekanan darah sehingga lebih stabil.

 

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam daun kelor. Setidaknya terdapat kandungan sekitar 38 sampai 40mg dalam daun kelor menurut AKG. Manfaat daun kelor dari adanya kalsium ini yaitu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, memelihara kesehatan gigi, tulang serta mengaktifkan hormon untuk mengolah lemak dan sistem pencernaan.

 

  1. Riboflavin

Riboflavin atau vitamin B2 dalam daun kelor memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya yaitu meningkatkan energi, membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Kandungan riboflavin ini juga baik untuk ibu hamil karena ia mampu menjaga tekanan darah tetap stabil.

 

  1. Kandungan Antioksidan

Antioksidan dalam daun kelor memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan ini berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis. Selain itu, antioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, diabetes serta penyakit jantung.

 

Untuk mengatasi berbagai macam penyakit di atas, sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi daun kelor saja. namun juga diimbangi dengan konsumsi bahan makan bahan makanan yang segar salah caranya dengan mendapatkannya di tanihub.com. Lewat website tersebut belanja bahan pangan menjadi lebih mudah.

 

Jadi, jangan lupa mencatat berbagai macam kandungan dan manfaat daun kelor seperti yang disebutkan di atas. Untuk mendapat berbagai manfaat di atas, olah daun kelor sesuai kebutuhan menjadi teh, jus atau sayuran yang dikombinasikan dengan beragam sayuran segar dari tanihub.com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *