toyota innova

Masalah Mesin Innova yang Kerap Terjadi Setelah Pemakaian yang Lama

Bisa dikatakan jika Innova adalah salah satu produk Toyota yang paling laris. Tampil di segmen mobil keluarga, memang Innova menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki mobil modern dan bertenaga dengan kabin yang luas untuk seluruh anggota keluarga Anda.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari spesifikasi, mobil ini menawarkan spesifikasi yang cenderung cukup gahar, baik untuk variasi mesin bensin ataupun mesin diesel. Juga, kedua jenis mesin tersebut memiliki tingkat durabilitas yang sebenarnya sangat baik serta spare part yang sangat mudah ditemukan.

Akan tetapi, seiring pemakaian yang lama, sekitar 5 tahun, Innova tentu memerlukan perhatian yang khusus, terutama di bagian mesin. Ada beberapa masalah pada mesin Innova yang kerap terjadi seiring dengan pemakaian yang sudah cukup lama.

Apa saja masalah tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Beberapa Masalah Mesin Innova yang Kerap Terjadi

Sebagaimana diketahui, perawatan pada mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan agar performa mobil Anda senantiasa stabil saat digunakan. Oleh karenanya, penting pula bagi Anda untuk mengetahui masalah pada mesin Innova, terutama setelah mobil digunakan dalam waktu lebih dari 5 tahun.

Beberapa masalah yang kerap terjadi pada mesin Innova diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin yang lebih cepat panas

Salah satu masalah pada mesin Innova yang sudah berumur adalah mesin yang cenderung lebih cepat panas. Sebenarnya, masalah ini cukup umum terjadi dan wajar saja. Namun, jika dibiarkan, maka mesin yang panas bisa merusak komponen lain dan membuat performa Innova menjadi tidak maksimal.

Bisa jadi, salah satu penyebab dari masalah ini adalah radiator yang bermasalah. Umumnya, masalah pada radiator terjadi karena pengisian cairan yang cenderung tidak tepat, seperti diisi water coolant yang palsu atau diisi air biasa.

Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada viscous fan. Putaran kipas yang tidak tepat akan membuat mesin cenderung bermasalah, terutama menjadi lebih cepat panas.

  • Mesin kehilangan tenaga

Masalah lain yang kerap muncul pada mesin Toyota Innova saat penggunaan yang sudah cukup lama adalah mesin seperti kehilangan tenaga. Jika masalah ini terjadi, nantinya performa dari Innova akan terasa stuck dan cenderung tidak maksimal.

Nah, hilangnya tenaga dari mesin Innova ini bisa disebabkan karena filter bensin yang cenderung kotor. Umumnya, filter yang kotor disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang digunakan sehari-hari.

Meskipun tampak sepele, masalah ini bisa menyebabkan kerugian lain. Jika filter bahan bakar bermasalah, maka injector mesin juga akan bermasalah. Nantinya, pembakaran mesin tidak akan sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan akan cenderung tidak maksimal.

  • Mesin terasa pincang

Mesin yang pincang juga kerap menjadi masalah untuk Innova yang sudah lama dioperasikan. Ketika masalah ini muncul, suara mesin tidak stabil dan performa mesin akan cenderung berkurang.

Umumnya, masalah ini terjadi karena usia pakai koil yang sudah mencapai limit. Sayangnya, cukup banyak pengguna yang tidak menyadari perihal usia koil tersebut sehingga ia tidak mengetahui masalah yang bisa terjadi ini.

Tentu, satu-satunya solusi yang disarankan adalah dengan melakukan penggantian koil. Selain itu, untuk penggantian, pastikan jika Anda menggunakan koil yang asli untuk performa yang cenderung lebih terjamin.

  • AC mobil bermasalah

AC yang bermasalah cukup sering terjadi pada Innova yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun. Secara umum, masalah ini ditandai dengan embusan angin yang kecil serta kinerja AC yang kurang dingin.

Memang, usia AC yang cukup lama menjadi biang dari masalah ini. Namun, selain itu, masalah pada AC juga disebabkan oleh adanya kebocoran, terutama pada evaporator yang bocor.

Nah, beberapa masalah di atas perlu diketahui agar Innova yang Anda miliki senantiasa stabil meskipun sudah cukup lama digunakan. Tentu saja, Anda bisa melakukan perawatan dengan melakukan servis secara rutin.

Untuk memudahkan, Anda bisa membawa mobil Innova ke Toyota ASTRIDO guna melakukan servis rutin. Sebagai agen resmi, Toyota ASTRIDO menawarkan layanan servis yang maksimal dengan berbagai promo yang menarik!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *