Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun dengan Langkah Mudah

Sahabat Pegadaian, pernikahan merupakan hal sakral yang menjadi impian setiap orang. Sayangnya, masih banyak pasangan yang ragu karena masalah finansial atau keuangan. Maka dari itu, sebaiknya kalian mulai melakukan tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun.

Apakah kalian memiliki rencana menikah dalam 1 tahun ke depan? Jika iya, ini adalah saat yang tepat untuk mulai menabung. Dengan menyisihkan penghasilan, kalian bisa menabung dalam bentuk apapun, termasuk emas. Tabungan ini sangat menguntungkan. Pasalnya, harga emas setiap tahun semakin naik. Sehingga kalian bisa menghitung sendiri seperti apa simulasi tabungan emas untuk 1 tahun kedepan.

Deretan Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun yang Bisa Kalian Coba

Bukti keseriusan sepasang kekasih dalam menjalin suatu hubungan yaitu menuju jenjang pernikahan. Mengingat momen ini hanya sekali seumur hidup, tak sedikit orang yang rela menghabiskan dana banyak untuk melakukan pesta.

Agar bisa terwujud, pasangan yang ingin menikah tentu saja harus menabung agar tak kebingungan mencari dana untuk pernikahan nantinya. Berbagai cara pun telah dilakukan demi bisa memiliki tabungan. Sayangnya, banyak yang gagal karena tak mampu mengubah gaya hidup, terutama saat berkencan.

Agar bisa mewujudkan pesta pernikahan impian, coba lakukan beberapa tips menabung dalam 1 tahun untuk mengumpulkan dana menikah.

Tabungan Khusus

Jika ingin segera menikah namun biaya masih belum terkumpul banyak, sebaiknya kalian cek lagi apakah sudah benar cara menabung kalian selama ini. Terkadang ada beberapa orang yang menabung, namun tidak memisahkan antara tabungan pribadi dengan tabungan khusus untuk menikah. Cara ini memang terkesan sepele, namun dengan adanya pemisahan antara keduanya, dana yang terkumpul bisa semakin maksimal.

Kebanyakan tabungan yang digabung menjadi 1 rekening menjadikan pemiliknya khilaf untuk menggunakan uang tersebut. Mereka tidak sadar saat mengambilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini menjadikan tabungan bukannya semakin bertambah banyak, namun justru semakin berkurang.

Kencan Sederhana

Untuk bisa menabung dengan maksimal, pacaran dengan hemat bisa menjadi tips agar uang terkumpul dalam 1 tahun. Kalian tidak perlu makan romantis di restoran mewah hanya untuk menyenangkan pasangan. Justru kesempatan ini harus menjadikan kalian bisa berhemat. Bahkan makan di rumah dengan memasak berdua juga tak ada salahnya.

Selain itu, hindari juga kebiasaan nonton di bioskop dengan pasangan. Kalian bisa menggantinya dengan menyewa VCD dan menontonnya di rumah saja. Jadi, kalian bisa menggunakan budget untuk kencan dengan memasukkannya ke dalam tabungan. Nggak cuma hemat, cara tips ini sangat ampuh saat memaksimalkan jumlah tabungan untuk menikah dalam 1 tahun.

Kompak Menabung

Satu tahun adalah waktu cukup singkat untuk melangsungkan pesta pernikahan. Untuk itu jika tidak ada balance antara keduanya, maka segala upaya yang dilakukan tidak akan bisa maksimal. Jika ingin segera menikah dalam waktu 1 tahun, tips yang cerdas kalian harus bisa bekerja sama dengan pasangan.

Misalnya saja, jika penghasilan kalian dalam waktu 1 bulan sebesar Rp 5 juta, sisihkan minimal Rp 1 juta tiap bulannya. Dengan kata lain, dalam 1 bulan sudah terkumpul dana sebesar Rp 2 juta.

Rencanakan Pesta Pernikahan dengan Sederhana

Tak dapat dipungkiri, biaya yang paling mahal dalam melangsungkan pernikahan adalah pestanya. Untuk itu jika ingin sukses menabung agar bisa segera menikah dalam 1 tahun, tips mudah dengan mengadakan pesta sederhana. Prioritaskan kebutuhan yang penting-penting saja, seperti hidangan, make up, tempat, dan akomodasi lainnya.

Tema minimalis bisa menjadi solusi buat pasangan yang tak ingin mengeluarkan budget terlalu besar. Meskipun sederhana, pastikan resepsi terencana dan terlaksana dengan baik dan lancar. Pesta minimalis ini tak kalah berkesannya dengan pesta mewah lainnya asalkan pasangan sama-sama memiliki komitmen.

Mencicil Segala Keperluan untuk Menikah

Sudah menjadi rahasia bersama jika keperluan dalam melangsungkan pernikahan tidaklah sedikit. Selain mencari gedung dan catering, kalian juga harus memikirkan gaun pengantin, seserahan, aksesoris, sepatu, hingga cinderamata untuk tamu. Tentunya ingin juga memerlukan budget yang tidak sedikit.

Agar tidak memberatkan saat hari H, tak ada salahnya kalian mulai mencicil keperluan tersebut setiap bulannya. Dengan begitu, dalam waktu 1 tahun tidak terasa semua keperluan tersebut sudah tersedia. Tentunya juga harus menyesuaikan dengan budget yang kalian miliki dan jangan membeli yang berlebihan.

Cari Penghasilan Tambahan yang Minim Modal

Tips agar bisa menabung untuk segera menikah dalam waktu 1 tahun rasanya kurang maksimal jika hanya mengandalkan gaji pokok saja. Agar tabungan semakin cepat terkumpul, kalian bisa mencari penghasilan tambahan yang tidak memerlukan modal besar. Misalnya saja menjadi freelancer di bidang kreatif atau bergabung menjadi dropshipper.

Solusi ini bisa kalian jalankan di luar jam kerja, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama kalian. Tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun ini cukup efektif dalam membantu kalian memaksimalkan tabungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *