promo mobil Mitsubishi

Seberapa Sering Oli Gardan Mobil Harus Diganti? Ini Dia Jawabannya!

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan penggerak empat roda (4WD) maupun penggerak roda belakang (RWD), gardan tentu merupakan komponen yang sudah sangat familiar. Komponen ini bekerja dengan cara menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda. Gardan sendiri merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil yang wajib dicek jika Anda berencana membeli mobil dengan memanfaatkan promo mobil Mitsubishi ataupun promo lainnya.

Nah, selain melakukan pengecekan komponen gardan tersebut, Anda juga penting untuk mengetahui kapan sebaiknya mengganti oli gardan pada mobil.

Lantas, kenapa harus mengganti oli gardan mobil?

Jawabannya, tentu saja supaya komponen gardan mobil bisa bekerja secara optimal. Jika jumlah pelumas pada gardan berkurang atau minyaknya sudah tidak kental lagi, risiko kerusakan pada gardan jelas semakin besar dan bisa menyebabkan aus.

Oleh karena itu, oli gardan wajib diganti secara berkala. Tujuannya, tentu untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya serta merawat gardan agar performanya tetap optimal.

Jadi, kapan sebaiknya mengganti oli gardan tersebut?

Penggantian oli gardan pada dasarnya tidak perlu dilakukan sesering penggantian oli mesin. Umumnya, oli gardan harus diganti setiap jarak tempuh 40.000 km (dan kelipatannya), atau cukup setiap 2 tahun sekali saja. Tapi, penggantian dilakukan berdasarkan mana yang lebih dulu terjadi – jarak tempuh atau durasi waktunya.

Di samping itu, ada juga beberapa gejala yang menunjukkan bahwa Anda perlu segera mengganti oli gardan, meskipun Anda belum mencapai ketentuan waktu maupun jarak tempuh tersebut. Beberapa gejalanya seperti:

Mobil bergetar ketika dibawa melewati jalan menurun.

Hal ini dikarenakan gardan yang menopang beban kendaraan di turunan, sehingga kaitan roda gigi jadi lebih kencang. Jika oli gardan tidak bekerja secara optimal, getaran pun muncul dan terasa.

Terdengar suara mendengung.

Gejala lainnya adalah suara mendengung yang berasal dari bawah mobil dan bertambah keras saat kecepatan mobil meningkat. Penyebabnya adalah oli sudah tak lagi bisa melumasi gardan dengan optimal, terutama pada final gear.

Terdengar suara ketika mobil berbelok.

Gardan merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada mobil dan menyebabkan perkaitan roda gigi di dalamnya jadi makin kompleks. Tanpa pelumasan yang memadai, tentunya muncul risiko keluarnya suara saat roda gigi bersinggungan ketika mobil dibelokkan.

Kekentalan oli gardan berkurang dan kontaminasi.

Kekentalan oli gardan baru bisa mencapai SAE 70 dan akan menurun seiring dengan bertambahnya usia pemakaian. Oleh karena itu, oli gardan pasti akan mengencer. Selain itu, pemakaian juga menimbulkan adanya kontaminasi hasil gesekan panas dan roda gigi.

Itu dia ulasan singkat mengenai oli gardan dan frekuensi penggantian yang ideal. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, untuk Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *