harga mobil F1

Inilah Alasan Mengapa Harga Mobil F1 Sangat Mencengangkan

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika harga mobil F1 memang sangat mahal supaya memaksimalkan performanya dalam arena balap. Formula 1 adalah kelas tertinggi untuk balap mobil kursi tunggal. Kendaraan yang digunakan dalam ajang balap mobil ini tentu mempunyai daya tarik tersendiri untuk para penggemarnya.

Bayangkan saja harga mesin untuk mobil Formula 1 mencapai lebih dari Rp 250 miliar.  Tentu berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya, sebab mesin yang digunakan F1 tidak diproduksi secara masal. Sedangkan pembuatan mesinnya sendiri dapat menghabiskan biaya sekitar 11-18 juta dolar Amerika atau Rp 250 miliar lebih. Berbeda dengan mesin mobil biasa yang dapat digunakan hingga puluhan tahun, mesin mobil Formula 1 hanya dapat digunakan hingga 7 kali balapan. Tenaga yang dihasilkan juga beragam, yakni mulai dari 875 sampai dengan 1.000 horse power (hp). Putaran mesinnya dapat mencapai 15.000 rotasi per menit (rpm).

Biaya riset untuk mobil ini pun juga sangat tinggi. Melakukan riset yang besar sangat diperlukan untuk menghasilkan performa mobil yang super kencang. Beberapa tim besar, seperti halnya Ferrari, Mercedes, maupun McLaren dapat mengeluarkan biaya sebesar 14 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 203 miliar hanya untuk keperluan riset mesin.

Setir mobil Formula 1 yang menggunakan teknologi super canggih juga membutuhkan biaya yang sangat besar.  Setiap tim memang memiliki desain serta tampilan layout setir yang tidak sama. Tapi umumnya, kisaran harga untuk 1 buah setir mobil Formula 1 adalah sekitar Rp800 juta hingga Rp1,4 miliar.

Mobil Formula 1 memang didesain untuk memenuhi kebutuhan balap, oleh sebab itu sangat penting dalam memperhatikan aerodinamika. Sebagian besar riset di bodi mobil ditujukan ke bagian sayap, baik sayap depan, sataupun belakang. Diperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk produksi sayap depan dan belakang tersebut bisa mencapai 300 ribu dolar Amerika atau senilai dengan Rp4,3 miliar.

Itulah yang menjadi alasan mengapa harga mobil F1 sangat mahal. Mobil Formula 1 tersebut memang dibuat khusus untuk memperoleh performa terbaik dalam lintasan balap, jadi pemilihan komponen – komponennya pun juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *