cara membuat kue ulang tahun

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Ala Korea

Momen perayaan ulang tahun memang merupakan momen yang cukup penting bagi setiap orang. Sebab momen pertambahan usia ini hanya bisa dirayakan setiap satu tahun sekali. Biasanya untuk merayakan momen perayaan hari ulang tahun ini ada beberapa hal yang memang identic harus selalu ada di momen tersebut.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat perayaan ulang tahun yaitu adanya kue ulang tahun. Selain kue ulang tahun nantinya akan dimakan bersama dengan orang – orang yang menghadiri acara perayaan tersebut. Ternyata kue ulang tahun juga tidak bisa dilewatkan karena ada momen tiup lilin yang biasanya dilakukan oleh orang yang berulang tahun dan biasanya lilin tersebut ditancapkan diatas kue.

Saat ini sebenarnya sudah banyak sekali jenis kue ulang tahun yang dijual di pasaran. Namun, sekarang sedang ada jenis kue ulang tahun yang sedang naik daun yakni kue ulang tahun ala Korea. Kue ulang tahun ini dikenal juga dengan sebutan lunch box cake.

Sebenarnya kue ulang tahun ala Korea ini sama saja dengan kue ulang tahun pada umumnya. Hanya saja kue ini disajikan dengan ukuran tidak terlalu besar dan diberi hiasan yang sangat dekoratif. Bagi anda yang ingin mencoba membuat kue ini, berikut ini terdapat resep dan cara membuat kue ulang tahun ala Korea.

Pertama – tama siapkan bahan berikut ini untuk membuat sponge cake :

  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 120 gram gula kastor
  • 4 butir telur (Pisahkan antara putih dan kuningnya)
  • 50 ml susu UHT
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 40 gram minyak sayur
  • Garam sejumput
  • Sedikit perasan jeruk nipis

Selanjutnya siapkan bahan untuk membuat Buttercream :

  • 500 gram unsalted butter (cairkan)
  • 400 gram susu kental manis
  • 2 sdt ekstrak vanilla
  • ¼ sdt garam
  • Pewarna makanan

Setelah mempersiapkan semua bahan diatas, langsung saja masuk ke proses pembuatan kue :

  1. Masukan telur ke wadah mixer lalu kocok bagian putihnya saja, kemudian setelah itu masukan gula sedikit demi sedikit dan kocok sampai telur berubah menjadi kaku. Setelah itu baru masukan bagian kuning telur dan aduk kembali menggunakan spatula sampai semuanya tercampur rata.
  2. Ayak tepung yang akan digunakan lalu masukan kedalam telur yang sudah di mixer. Tambahkan sejumput garam dan aduk menggunakan spatula sampai semuanya merata.
  3. Kemudian masukan minyak, susu UHT, dan juga ekstrak vanilla lalu aduk dengan menggunakan spatula.
  4. Siapkan Loyang lalu alasi semua permukaanya dengan menggunakan baking paper setelah itu tuang adonan kedalam Loyang lalu hentakan agar tidak ada gelembung.
  5. Panggang adonan dengan suhu 180 derajat selama 30 menit,
  6. Setelah matang keluarkan adonan lalu diamkan sampai dingin.
  7. Sambil menunggu kue dingin kita lanjutkan membuat buttercream. Pertama mixer unsalted butter dengan kecepatan tinggi selama 5 menit kemudian tambahkan susu kental manis dan ekstrak vanilla lalu mixer kembali.
  8. Setelah itu pisahkan buttercream ke beberapa wadah sesuai warna yang dibutuhkan, kemudian tambahkan pewarna di setiap wadahnya.
  9. Tuang buttercream keatas permukaan kue lalu ratakan dan hias lagi dengan warna lainnya.
  10. Setelah itu bisa di tambahkan sprinkle ataupun bentuk karakter sebagai dekorasi tambahan.
  11. Kue ulang tahun ala korea pun siap disajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *