3 Penyebab Dari Dada Terasa Panas

dada terasa panas

Apakah anda pernah merasakan dada terasa panas dan seperti asa sensasi terbakar di bagian dada? Saat mengalami kondisi tersebut tentunya anda akan bertanya kenapa dada terasa panas dan sesak?

Nah, untuk mengetahui alasan dada tiba-tiba panas atau alasan kenapa dada terasa panas dan sesak, maka anda bisa langsung saja simak ulasan berikut ini. Mungkin artikel kali ini bisa sedikit membantu anda yang sedang mengalami masalah tersebut.

Alasan Dada Terasa panas

Tentunya sensasi panas di dada bukan terjadi tanpa sebab. Lantas Kenapa Dada Terasa panas dan sesak? Jadi rasa tidak nyaman untuk mengakibatkan rasa panas di bagian atas perut atau di uluh hati terjadi karena saluran penghubung tenggorokan ke perut teriritasi oleh asam lambung.

Dada terasa sensasi panas tersebut bisa terjadi selama beberapa menit dan bahkan bisa terjadi sampai beberapa jam. Selain itu asam lambung juga mengakibatkan mulut dan perut terasa kurang nyaman seperti terasa asam, mual, perut terasa kembung, lahir, batuk dan tenggorakan terasa sakit.

Asam lambung sendiri bisa naik ke tenggorokan yang mengakibatkan rasa kurang nyaman di dada disebab karena terkadang katup yang berfungsi untuk memisahkan perut dan kerongkongan tidak dapat tertutup secara sempurna karena hal ini disebabkan oleh elastisitasnya berkurang atau terganggu.

Adapun hal yang menyebabkan seseorang kerap mengalami dada terasa panas ketika asam lambung naik adalah seperti berikut ini.

1. Refluks Gastroesophageal (GERD)

Gejala utama dari GERD adalah sensasi panas di dada. Sensasi panas dari gejala GERD bisa ringan dan bahkan berat. Sensasi panas di dat atau heartburn terjadi karena asam lambung naik ke bagian tenggorakan.

Heartburn juga sering terjadi tidak hanya kepada penderita GERD, tapi pada wanita hamil, dan penderita hernia hiatal. Pola makan yang buruk seperti mengkonsumsi rokok, alkohol, makan tidak teratur, makan terlalu pedas dan asam pun menjadi penyebab asam lambung naik.

2. Tukak lambung

Selanjutnya sensasi panas pada dada bisa disebabkan oleh tukak lambung atau luka pada lambung. Luka pada lambung umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Selain rasa panas di dada, luka pada lambung juga bisa mengakibat perut terasa kembung, mual, dan sering bersendawa.

3. Serangan Panik

Serangan rasa panik bisa terjadi saat anda merasa kewalahan dengan rasa cemas atau panik. Serangan panik mengakibat jantung berdetak lebih kencang, cepat, dan bisa menyebabkan rasa panas di dada yang membuat tidak nyaman. Jika serangan panik tak kunjung reda maka bisa menyebabkan gejala yang semakin buruk.

Itulah beberapa penyebab dada terasa sensasi panas yang dibahas artikel kesehatan kali ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dada terasa panas antara lain adalah dengan menjaga pola makan, minum obat asam lambung, kelola stress dengan baik, istirahat yang cukup, dan gunakan sandar bantal yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *